Persiapan Bekerja di Rumah Agar Sukses dan Profesional – Beberapa tahun yang lalu bekerja dari rumah nampak seperti hal yang mustahil, namun sekarang ini bekerja di rumah telah menjadi harapan bagi setiap orang, khususnya para wanita. Membayangkan bisa tetap berpenghasilan tanpa kehilangan waktu bersama buah hati adalah keinginan terbesar hampir setiap wanita. Namun sebenarnya bekerja di rumah tidak semudah yang dibayangkan, setidaknya ada 10 Persiapan Bekerja Di Rumah yang harus diketahui terlebih dahulu agar Anda bisa meraih kesuksesan dan tak menemui tantangan saat bekerja dari rumah. Persiapan ini ditujukan untuk memberikan batas-batas antara pekerjaan, kehidupan rumah tangga dan membangun rutinitas yang tegas sehingga Anda bisa termotivasi dan bekerja dengan disiplin meski tanpa bos yang sedang mengawasi Anda setiap saat.

Persiapan Bekerja Di Rumah

bekerja di rumah

Persiapan pertama yang harus dilakukan adalah membuat batas untuk zona kerja Anda, ibaratkanlah tempat itu adalah kantor Anda. Anda tidak perlu menyediakan ruangan khusus jika memang rumah Anda tidak cukup besar, meja kecil dilengkapi kursi dan rak penyimpanan di sudut ruang tamu atau keluarga sudah bisa mengakomodasi aktivitas kerja harian Anda di rumah. Jika memungkinkan, Anda bisa memilih ruangan yang jauh dari keributan rumah sehingga Anda bisa fokus bekerja. Pentingnya membuat zona kerja agar semua arsip dan pekerjaan Anda tertata rapi serta tak bercampur dengan barang-barang rumah tangga Anda. Dengan memiliki zona khusus untuk bekerja, Anda juga bisa menjelaskan pada keluarga Anda bahwa sudut tersebut tidak boleh dimasuki kecuali Anda.

Persiapan kedua yaitu menetapkan jam kerja. Meskipun keuntungan bekerja di rumah adalah Anda memiliki fleksibilitas dalam mengatur waktu, Anda juga harus tetap memiliki jam kerja yang pasti setiap harinya sehingga Anda tetap bisa mengerjakan aktivitas lainnya dengan baik. Pastikan Anda hanya bekerja di jam-jam yang efektif, misalnya saat anak-anak sedang sekolah atau tidur siang dan selesai bekerja saat anak-anak mulai tiba ke rumah.

Pastikan Anda mudah dihubungi oleh rekan kerja adalah hal terpenting ketiga yang harus dipersiapkan. Berbeda dengan kerja di kantor yang selalu bisa bertemu rekan kerja dan atasan setiap saat, ketika Anda bekerja di rumah, komunikasi sangat terbatas. Oleh karena itu siapkan alat komunikasi yang memadai; smartphone, komputer atau laptop dan koneksi internet adalah tiga hal yang wajib dimiliki untuk menunjang pekerjaan Anda.

Jangan karena Anda bekerja di rumah, lalu Anda lalai untuk beristirahat. Sisipkan waktu istirahat pada jadwal kerja Anda. Makan siang dan beribadah adalah dua hal yang harus tetap dilakukan untuk menjaga kesehatan badani dan rohani. Istirahat juga mampu memberikan jeda kepada Anda untuk menuntaskan pekerjaan dengan baik dengan hasil yang sempurna.

Salah satu hal penting dalam Persiapan Bekerja Di Rumah adalah jangan tergoda untuk membersihkan rumah yang berantakan ketika Anda sedang berada dalam jam kerja, terutama hal ini berlaku pada ibu-ibu. Seringkali ketika melihat rumah berantakan, naluri kewanitaan akan segera mengambil alih untuk membersihkannya. Lakukanlah kegiatan bersih-bersih rumah sesuai jadwal dan jangan sampai mengganggu waktu kerja Anda.

Persiapan yang keenam yaitu disiplin. Jangan tergoda untuk membolos dari rutinitas pekerjaan Anda dengan dalih masih bisa dilakukan di lain hari. Penumpukan tugas akan membuat Anda tidak fokus dan hasil kerja tidak maksimal. Kerjakan tugas-tugas Anda sesuai jadwal kerja yang Anda tetapkan. Jika Anda terpaksa meninggalkan jam kerja karena suatu alasan yang sangat penting, kirimkan pesan pada rekan kerja Anda dan gantilah jam kerja yang telah dipergunakan di lain waktu. Selain itu lihatlah kapasitas Anda, jika Anda sudah memiliki proyek terlalu banyak, tolaklah proyek yang kemudian datang, fokuslah pada satu pekerjaan dan selesaikan tepat waktu sebelum mengambil proyek yang lain sehingga rekan kerja dan pelanggan Anda akan merasa senang dan puas.

Rutinitas yang monoton adalah hal yang membosankan ketika Anda masih bekerja di kantor, akan tetapi ketika Anda bekerja di rumah, rutinitas adalah hal yang wajib dipersiapkan. Tanpa rutinitas dan konsistensi, jadwal kerja Anda di rumah justru akan berantakan yang kemudian akan membuat Anda jauh lebih stress dibanding saat bekerja di kantor.

Hal kedelapan yang perlu dilakukan saat Anda kerja di rumah adalah menjadwalkan untuk menikmati udara luar. Bertemu teman atau sekedar pergi ke warung tetangga bisa menyegarkan pikiran Anda dan memberikan tenaga ekstra untuk bekerja kembali.

Hal kesembilan adalah pentingnya memiliki jam kerja yang jelas saat ngantor di rumah adalah memberikan kejelasan pada keluarga bahwa pada jam-jam tersebut Anda bekerja sehingga jika bukan untuk hal yang penting usahakan mereka tidak menganggu Anda terlalu sering. Berikan penjelasan pada anak-anak Anda bahwa ketika jam kerja, Anda harus fokus agar pekerjaan Anda cepat selesai dan bisa kembali bermain bersama mereka.

Tetaplah professional adalah persiapan kesepuluh yang harus Anda kuasai ketika bersiap bekerja dari rumah. Meskipun hanya bekerja di rumah bukan berarti Anda boleh terlihat kumal dengan daster atau celana boxer. Tetaplah berpakaian rapi dan bersih. Penampilan yang professional akan memberikan efek berbeda dalam semangat bekerja Anda di rumah.

Jika Anda merasa Persiapan Bekerja Di Rumah ini sudah Anda miliki, hilangkan rasa ragu dan selamat memiliki karir yang luar biasa di tempat paling nyaman!.

Written by

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *