Peluang Usaha Membuat Catering RumahanPeluang Usaha Membuat Catering Rumahan menjadi alternatif pilihan usaha sampingan yang lumayan mudah dan tidak memboroskan modal yang banyak. Cukup bermodalkan kepiawaian dalam mengolah ragam makanan dan tahu persis selera pangsa konsumen yang dilayaninya.

Apalagi mengingat peluang usaha catering rumahan ini ternyata lebih banyak dilakukan para wanita yang hobi memasak. Dan mereka bisa jeli membaca peluang jika sekarang ini banyak keluarga terlalu sibuk bekerja di kantor sehingga tidak sempat mengurusi menu sarapan, makan siang maupun makan malam.

Hal-Hal Yang Perlu Diperhatikan Menjalankan Peluang Usaha Membuat  Catering Rumahan.

usaha membuat catering rumahan

Menjalankan peluang usaha catering rumahan ini sebenarnya cukup mudah. Asalkan antara pelaku bisnis catering bisa jeli mengetahui selera menu yang diminati pelanggannya. Peluang usaha catering rumahan ini dianggap cukup  terjangkau karena dipasarkan dalam bentuk paketan menu. Bisa saja dari menu paket biasa, sedang hingga menu istimewa. Harganya pun terpaut tidak begitu mahal, semua disesuaikan dengan selera masing-masing pelanggan.

Berikut ini hal-hal penting yang perlu diperhatikan agar memudahkan menjalankan usaha catering rumahan, seperti :

Memperhitungkan budget awal

Mengingat harga-harga sebagian besar bahan pokok mulai dari sayur mayur, lauk serta bumbu-bumbu pokok lainnya (ada bawang merah, bawang putih, lada dsb) mengalami naik turun harga sebaiknya orang yang mantap menjalankan usaha catering rumahan ini piawai dan bisa memperhitungkan budget awal.

Memiliki request order list

Hal terpenting dalam menjalankan peluang usaha catering rumahan ini adalah memilili catatan penting dari para pelanggannya. Seperti rajin memuat request order list yang membantu pelaku usaha catering dalam berbelanja bahan-bahan baku secara keseluruhan.

Kualitas Rasa Catering Terjamin

Salah satu yang perlu diperhatikan baik-baik dalam menjalankan peluang usaha catering rumahan ini adalah bisa memiliki kualitas rasa yang terpercaya. Sehingga tidak menutup kemungkinan hasil catering rumahan ini memiliki branded terpercaya dari mulut ke mulut.

Menambah Pelanggan 

Setelah bisa mempertahankan mutu dalam menjalankan usaha membuat catering rumahan ini, selanjutnya adalah menjaga kepercayaan pelanggan untuk setia kembali berlangganan pada catering rumahan. Jangan sampai menyia-nyiakan kesempatan baik tersebut dengan melakukan tindakan kurang halal

Kendala Yang Bisa Terjadi

Mengingat ini peluang usaha catering rumahan yang merujuk pada menu rumahan biasa seperti sop, lodeh, pepes, atau sayur bening jika tidak laku habis dipasarkan tidak bisa dijual kembali pada pelanggan lainnya. Jadi sebisa mungkin makanan catering bersifat fresh dan siap makan.

Strategi Jitu Menjalankan Usaha

Agar peluang usaha catering rumahan ini terus diminati dan didatangi banyak pelanggan setidaknya pelaku usaha catering rumahan ini harus bisa menerapkan beberapa strategi jitu seperti :

Piawai dalam menyajikan menu makanan

Orang yang mantap menekuni usaha catering rumahan ini dituntut pintar dan piawai dalam membuat beragam menu. Tujuannya agar pelanggan tidak bosan dengan sajian menu catering yang  itu-itu saja. Inovasi menu malah semakin menjadikan pelanggan tertarik dan terus setia memesan catering rumahan.

Memanfaatkan bahan alami dan halal

Jangan abaikan untuk selalu mengutamakan bahan yang alami dan halal dalam mengolah menu makanan catering. Dengan demikian akan memberikan rasa keamanan dan percaya pelanggan untuk selalu mencicipi catering rumahan.

Sesuaikan harga standar

Sebaiknya pelaku usaha catering rumahan bisa bijak menetapkan harga standar dalam artian tidak terlalu mahal ataupun terlalu dibawah harga. Sehingga pelanggan tetap bisa dengan mudah terus memesan catering.

Nah demikian poin-poin penting dari yang bisa diketahui dan dikembangkan lebih lanjut dari Peluang Usaha Membuat Catering Rumahan. Semoga bermanfaat dan membantu untuk membuka usaha baru.

Written by

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *