gagal bayar pinjol

Pinjaman online memang dianggap sebagai salah satu solusi pembiayaan tanpa agunan bagi banyak kalangan. Apalagi saat ini ada banyak pilihan penyedia jasa pinjaman online yang memberikan kemudahan untuk pembiayaan.

Namun, anda juga harus ingat untuk memilih pinjaman online yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK. Hal ini dilakukan agar anda tidak mengalami kerugian yang sangat besar dengan penyebaran data secara sepihak pada saat mengalami keterlambatan pembayaran cicilan.

Ini sering terjadi pada saat nasabah mengalami gagal bayar. Kondisi seperti ini membuat anda harus menerapkan cara mengatasi gagal bayar pinjol.

Tips menggunakan pinjaman dengan bijak

Sebenarnya anda memiliki peluang untuk menghindari gagal bayar. Hal ini memang dilakukan dengan memaksimalkan dana yang telah diberikan oleh penyedia jasa pinjaman online. Apalagi nilai yang diberikan kepada pinjaman online biasanya disesuaikan dengan ketentuan yang berlaku. Bila anda memiliki skor kredit yang sangat baik maka akan mendapatkan penawaran nilai pinjaman yang cukup besar.

Apalagi bila anda sudah memiliki pekerjaan tetap dengan penghasilan yang mencukupi. Kondisi seperti ini yang sebenarnya bisa membuat anda semakin mudah untuk mendapatkan pinjaman dengan nominal cukup besar. Mungkin anda bisa mencoba beberapa tips untuk menggunakan pinjaman dengan bijak seperti:

1. Memanfaatkan dana pinjaman untuk kegiatan produktif

Ini merupakan salah satu tips yang harus anda lakukan setelah mendapatkan dana pinjaman. Maksimalkan seluruh dana pinjaman untuk kegiatan yang sangat produktif. Hal ini justru akan memberikan nilai keuntungan yang lebih besar.

Selain itu, kegiatan produktif seperti ini dianggap membantu anda untuk membayarkan cicilan sesuai dengan persyaratan tenggat waktu. Ada banyak kegiatan produktif yang bisa anda coba dengan nominal dana cukup terbatas dari pinjaman.

2. Menyimpan sebagian pinjaman untuk dana darurat

Hal lain yang harus dilakukan tentu saja dengan menyimpan sebagian pinjaman sebagai dana darurat. Metode seperti ini sering dilakukan untuk mengantisipasi keadaan yang terjadi secara tiba-tiba. Selain itu, anda juga bisa menggunakan dana darurat itu dalam kondisi yang mendesak.

Cara ini juga akan membantu untuk menghindari pembukaan pinjaman lain. Tentu saja pinjaman yang terlalu banyak dari penyedia jasa akan membuat anda harus membayarkan nominal cicilan yang sangat besar. Kondisi ini membuat anda semakin besar mengalami gagal bayar.

3. Tidak menggunakan seluruh dana untuk konsumtif

Pastikan bahwa seluruh dana pinjaman yang didapatkan tidak digunakan untuk kegiatan yang bersifat konsumtif. Keadaan ini justru akan merugikan anda. Bahkan, sebagian besar dana yang digunakan untuk kegiatan itu biasanya akan lebih cepat habis.

Bila anda memang membutuhkan dana pinjaman untuk membeli sesuatu pastikan bahwa produk atau barang itu memang sangat dibutuhkan. Selain itu, cobalah untuk mempertimbangkan nominal dan fungsional yang diberikan dari barang itu.

4. Sesuaikan nominal pinjaman dengan kemampuan bayar

Hal ini memang paling penting untuk dipertimbangkan. Anda harus ingat bahwa nilai pinjaman yang diajukan tentu saja sesuai dengan kemampuan bayar yang dimiliki. Cara seperti ini akan memudahkan anda untuk menghindari keadaan gagal bayar.

Bahkan, perhitungan ideal yang bisa dicoba dengan mengajukan pinjaman dengan nilai sekitar 50 persen dari penghasilan yang kamu dapatkan selama 1 bulan. Perhitungan ini berlaku pada satu pinjaman online saja.

5 cara mengatasi gagal bayar pinjol yang bisa dicoba

Bila anda sudah merasakan potensi gagal bayar cobalah untuk menenangkan diri. Bahkan, kondisi seperti ini memang kerap terjadi pada keadaan yang sangat mendesak atau tiba-tiba. Misalnya saja anda mengalami suatu musibah yang membuat seluruh dana pinjaman harus digunakan.

Akhirnya ini membuat anda gagal bayar untuk jangka waktu yang cukup lama. Namun, anda tidak perlu khawatir berlebihan karena bisa menggunakan beberapa cara mengatasi gagal bayar pinjol seperti:

1. Restrukturisasi pinjaman

Salah satu dari cara mengatasi gagal bayar pinjol yang bisa dilakukan dengan mengajukan restrukturisasi pinjaman. Cara seperti ini memang sangat lumrah dan sering diterapkan untuk berbagai lembaga pinjaman konvensional.

Metode ini juga bisa dicoba untuk penyedia jasa pinjaman online. Namun, cara ini akan membutuhkan beberapa persyaratan penting. Bahkan, tidak seluruh penyedia jasa pinjaman online memberikan kesempatan restrukturisasi pinjaman kepada nasabah.

Beberapa pilihan restrukturisasi pinjaman yang sering ditawarkan seperti menambah tenor pinjaman, mengurangi tunggakan bunga, memberikan tambahan nominal pembiayaan hingga mengurangi tunggakan pinjaman pokok.

2. Mengajukan pengurangan bunga

Cara lain yang bisa anda lakukan untuk mengatasi gagal bayar seperti mengajukan pengurangan bunga pinjaman. Ini merupakan salah satu upaya yang cukup penting untuk dilakukan. Meskipun tidak seluruh penyedia jasa pinjaman online memberikan kemudahan seperti ini namun bisa dicoba dengan segera.

Tentu saja anda harus ingat bahwa bunga yang diterapkan untuk pinjaman online memang sangat besar bahkan mencapai 20 persen. Perhitungan bunga pinjaman itu juga dianggap cukup mencekik bagi para nasabah. Apalagi tenor yang diberikan juga terlalu singkat. Cobalah untuk menghubungi customer service melalui email untuk mengajukan pengurangan bunga.

3. Mengajukan pembayaran pokok pinjaman saja

Bila anda mengalami gagal bayar dalam waktu yang cukup lama mungkin bisa mencoba untuk mengajukan pembayaran dengan perhitungan pokok pinjaman saja. Metode seperti ini dianggap menjadi salah satu solusi yang cukup menguntungkan bagi kedua pihak.

Bahkan, sebagian besar dari penyedia jasa pinjaman konvensional seperti bank juga kerap melakukan ini. Namun, bagi para penyedia jasa pinjaman online biasanya cukup sulit untuk menyetujui pengajuan ini. Anda mungkin bisa mencoba melampirkan seluruh kondisi keuangan melalui bukti transaksi lewat email.

4. Menjual asset

Cara mengatasi gagal bayar pinjol lainnya yang harus dilakukan dengan mulai menjual asset. Metode seperti ini sangat penting untuk dilakukan. Apalagi bila nilai pinjaman yang anda miliki juga sangat besar.

Bila pengajuan keringanan tidak diberikan oleh penyedia jasa pinjaman online sebaiknya segera lakukan hal ini. Anda akan semakin mudah untuk mengurangi beban pikiran dan moral yang justru akan membuat kesehatan mental semakin menurun.

Pastikan juga bahwa nilai asset yang dimiliki bisa menutupi seluruh nominal pinjaman yang anda dapatkan. Semakin cepat anda menjual asset maka pinjaman akan segera lunas dan tidak menjadi beban dengan nilai bunga yang terus bertambah.

5. Melaporkan bila terjadi intimidasi berlebihan

Anda juga memiliki hak untuk tidak mendapatkan intimidasi berlebihan dari pihak penyedia jasa online yang melakukan penagihan. Metode seperti ini biasanya sering terjadi pada nasabah yang melakukan pinjaman di banyak penyedia pinjaman online illegal maupun legal.

Intimidasi yang dilakukan dengan mengancam untuk melakukan penyebaran data pribadi melalui platform online dan lainnya. Bila hal ini terjadi maka segera melapor ke OJK hingga Satgas Waspada Investasi untuk memberikan tindakan tegas bagi para penyedia jasa pinjaman online.

Written by

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *