Cara Memulai Usaha Rental Mainan – Saat ini kebutuhan orang tua akan mainan anak yang berkualitas menjadi hal yang sangat penting dan terus saja meningkat, hal tersebut menjadi peluang besar bagi masyarakat yang ingin memulai usaha rental mainan. Usaha rental mainan ini umumnya terjadi di kota-kota besar, memiliki beragam koleksi yang sangat bervariasi dan juga pelayanan yang prima adalah kunci sukses dalam menjalankan jenis bisnis yang satu ini. Apakah anda tertarik ingin tahu lebih jauh usaha ini? Bagaimana Cara Memulai Usaha Rental Mainan ini?.  Simak ulasannya berikut ini.

Usaha Rental Mainan

usaha rental mainan

Sudah banyak pengusaha yang memulai usaha rental mainan ini, salah satunya sebut saja Amelia, ibu dari dua anak ini telah membuka jasa rental mainan anak sejak tahun 2008. Usaha ini ia rintis berdasarkan pada pengalaman kakaknya yang pernah tinggal di luar negeri, di sana tersedia banyak jasa rental mainan untuk anak.

Untuk memulai usaha rental mainan ini, Amelia tentu mempersiapkan segala sesuatunya sedari awal mulai dari :

Lokasi Usaha Rental Mainan

Memulai usaha rental mainan tentunya membutuhkan lokasi/showroom, Anda harus memastikan untuk memilih lokasi yang strategis yang tentunya mudah ditemukan oleh konsumen. Selain lokasi, Anda juga harus menyediakan berbagai pelayanan untuk dapat menyewa mainan anak mulai dari via telepon atau via internet.

Modal Usaha Rental Mainan

Modal tentunya sangat diperlukan dalam memulai usaha, namun hal ini bukanlah menjadi patokan utama ketika Anda akan memulai usaha. Modal diperlukan untuk membeli beragam mainan yang akan disewakan, selain itu modal juga digunakan untuk menyewa lokasi/tempat usaha.

Produk mainan

Usaha rental mainan anak tentunya tidak akan bisa berjalan tanpa ada produk mainan anak yang akan disewakan di dalamnya, untuk Amelia sendiri produk mainan ini ia dapatkan dari sang kakak.

Untuk produk yang disewakan sendiri, tentunya usaha rental mainan yang dibuka harus menyediakan jenis mainan yang memiliki kualitas tinggi dan juga dapat menjadi sebagai media edukasi bagi anak-anak. Untuk jenis atau ragam mainan yang disewakan sangat bervariatif, mulai dari mobil-mobilan, perosotan, baby walker, rumah-rumahan, buku cerita yang dapat mengeluarkan suara, atau jenis mainan lainnya yang sekiranya dapat dijadikan sebagai edukasi dan hiburan bagi anak.

Syarat penyewaan mainan

Sebelum disewakan, tentunya konsumen harus memenuhi beberapa persyaratan yang ditetapkan oleh pelaku usaha. Amelia sendiri menerapkan persyaratan untuk mengisi formulir sewa dan juga memberikan foto copy kartu identitas diri peminjam, hal ini tentunya dilakukan agar menghindari berbagai hal tak diinginkan terjadi. Untuk formulir keanggotaan, konsumen dibebankan biaya sebesar 50 ribu rupiah.

Harga Usaha Rental Mainan

Untuk biaya sewa yang diberikan, sesuaikan biaya sewa sesuai dengan jenis mainan yang disewakan. Amelia sendiri menawarkan biaya untuk sewa mainannya mulai dari Rp. 22.000 per 2 minggu sampai dengan Rp. 500.000 untuk 4 minggu. Harga sewa yang Anda banderol tentunya dapat disesuaikan dengan keinginan Anda sendiri, namun perlu diperhatikan jangan menawarkan harga sewa yang terlalu murah atau terlalu tinggi karena ini akan sangat berpengaruh pada perkembangan usaha Anda.

Promosi Usaha Rental Mainan

Karena jenis usaha ini memang masih agak asing di mata masyarakat, tentunya perlu adanya teknik promosi yang tepat guna mengenalkan usaha tersebut. Amelia sendiri melakukan teknik promosi dengan membuat sebuah situs website, hal ini ia lakukan untuk merambah dunia pasar yang lebih luas lagi. Hasil dari teknik promosi yang satu ini cukup efektif, karena dengan teknik promosi ini banyak konsumen yang berdatangan.

Demikianlah tadi sedikit gambaran tentang Cara Memulai Usaha Rental Mainan. Semoga dapat menjadi referensi bagi anda. Salam sukses selalau !!

Written by

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *